Belajar di Universitas Al Azhar Mesir Non Beasiswa

Pembaca.. Mungkin anda adalah diantara yang berminat untuk untuk melanjutkan studi di kawasan Timur Tengah. Karena kita ketahui bersama, bahwa di sanalah awal pertama kali perkembangan ajaran dan keilmuan Islam. Di sana kita juga bisa menambah wawasan kita tentang Arab dan bahasanya secara langsung. Alhamdulilah semakin banyak peminat dari pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan belajarnya di sana sampai ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Tidak sedikit pula dari universitas-universitas tersebut yang menyediakan beasiswa bagi para pelajarnya. Selain beasiswa untuk studi, ada juga tambahan yang lain seperti makan, asrama, buku dan lain-lain.

Tapi bagaimana halnya jika kita berniat besar untuk belajar di sana tapi Alloh ta'ala belum mengijinkan kita untuk mendapatkan fasilitas beasiswa tersebut. Nah... berikut ini kami sajikan kepada anda semua salah satu alternatif yang bisa ditempuh agar bisa belajar di Universitas Al Azhar Mesir melalui jalur non beasiswa.

MUAWANAH GROUP adalah sebuah wadah yang menangani pemberangkatan calon mahasiswa non-beasiswa yang ingin meneruskan studinya di Al-Azhar University Mesir. Wadah ini di kelola langsung oleh mahasiswa Al-Azhar yang telah berpengalaman lima tahun dalam melayani pemberangkatan mahasiswa ke Al-Azhar University Mesir dengan harga cukup bersaing (ringan di kantong) dan pelayanan yang sangat memuaskan. Mahasiswa yang telah diberangkatkan oleh MUAWANAH GROUP berasal dari berbagai kawasan nusantara dari mulai Indonesia bagian Timur Ambon hingga Indonesia bagian Barat Nangroe Aceh Darussalam. Kami berharap dengan khidmah yang kami berikan para calon mahasiswa mampu serius bertafaqquh fiddin demi tegaknya kalimatullah di muka bumi ini.

Sebagai upaya untuk menjawab tantangan zaman memenuhi kebutuhan masa kini dan yang akan datang, MUAWANAH GROUP berusaha menjadi mediator bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya di Al-Azhar University untuk membekali diri dengan ilmu agama demi tercapainya peradaban maju di muka bumi ini.

Proses Belajar ke Al-Azhar University

Untuk menempuh jenjang pendidikan di Al-Azhar University Mesir ada dua cara :

A. Melalui jalur Departemen Agama RI (Beasiswa)
Setiap tahun Departemen Agama RI mengadakan seleksi penerimaan mahasiswa Al Azhar Mesir. Bagi mahasiswa yang lulus seleksi DEPAG maka ia akan diberangkatkan ke Al Azhar Mesir dengan biaya gratis (free ticket) dan mendapat jaminan beasiswa setelah tiba di Mesir. Tiket gratis diterima 2 kali yaitu ketika berangkat pertama dan ketika pulang setelah mendapat gelar Lc.

B. Melalui Mediator Mahasiswa Baru (non beasiswa)
Proses pendaftarannya sama dengan program beasiswa, yaitu melalui ujian Departemen Agama yang diselenggarakan melalui UIN/IAIN seluruh Indonesia setiap tahun. Nah para pendaftar ikut ujian pada seleksi ini. Setelah dinyatakan lulus dia mendaftar ke mediator untuk proses melanjutkan study ke Al-Azhar dengan biaya sendiri atau di istilahkan dengan nama terjun bebas.

PELUANG Beasiswa

Mahasiswa yang terjun bebas bisa mengajukan beasiswa setelah mereka tiba di Mesir. Ada beberapa lembaga yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing, di anatanya adalah Majlis A'la, Bait Zakat Kuwait, WAMY, dan Al-Azhar sendiri. Namun tidak ada yang menjamin bahwa anda akan mendapatkan beasiswa tersebut. Maka lebih baik masing-masing mahasiswa baru untuk menyiapkan perbekalan setiap bulan minimal USD 50. Sedangkan di awal kedatangan minimal menyediakan uang sebesar USD 500 untuk kebutuhan perdana setiba di Mesir.

Persyaratan-persyaratan
Persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk melanjutkan studi di Al-Azhar University Mesir adalah sebagai berikut :
1. Lulus Seleksi Departemen Agama
2. Ijazah asli MAK/MAN/MAS atau lembaga yang telah disamakan dengan Al –Azhar
3. Transkip nilai asli
4. Akte kelahiran asli
5. Paspor
6. Pas photo 4x6 = 30 lembar
7. Mengisi surat perjanjian
8. Biaya pengurusan
9. Mengisi formulir pendaftaran dan jurusan kuliah

Fasilitas-fasilitas
Fasilitas-fasilitas yang akan diberikan oleh MUAWANAH GROUP adalah sebagai berikut :
1. Pengurusan pendaftaran di Al-Azhar
2. Tiket one way Jakarta-Kairo
3. Visa
4. Fiskal
5. Air Port Tex
6. Penjemputan di Air Port Kairo
7. Bebas biaya sewa rumah satu bulan pertama
8. Workshop ke-Azhar-an di Indonesia
9. Orientasi di Kairo

Biaya PENGURUSAN
Biaya pengurusan yang dibebankan kepada calon mahasiswa adalah sebesar 8.500.000,- (delapan juta lima ratus ribu rupiah) kecuali terjadi perubahan harga tiket maka akan di kenakan biaya tambahan.

Waktu dan tempat pendaftaran
Pendaftaran di buka mulai dari 10 Juli s/d 31 Agustus setiap tahun di perwakilan MUAWANAH GROUP.

Waktu pemberangkatan

Pemberangkatan dilaksanakan secara kolektif berkisar antara tanggal 15 Oktober-15 November setiap tahunnya.

Untuk informasi selengkapnya silahkan hubungi perwakilan MUAWANAH GROUP

Nama : Muhammad Edo Sukma Wardhana S.H.I
Nomer telp : (0291) 435941, (0291) 771062, (62) 81575000003, (62) 85866975111
Em@il : rabbani_fc@yahoo.com
Website : www.infobelajardimesir.blogspot.com

Posting Lebih Baru Posting Lama

2 Responses to “Belajar di Universitas Al Azhar Mesir Non Beasiswa”

  1. bisa tidak kita ngelanjutin S2 disana soalnya sekarang ge kuliyah S1 di IAIN mataram,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan menghubungi kantor DEPAG terdekat untuk mendapatkan info lebih lanjut...

      Hapus