Beasiswa di Universitas Umm Al Qura




Pada tahun 1369 H Raja Abdul Aziz memerintahkan untuk mendirikan sekolah tinggi Syari’ah di Mekkah sebagai lembaga pendidikan tingkat tinggi pertama di Arab Saudi, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal Universitas Ummul Qura. Meski umurnya yang baru, UQU merupakan salah satu universitas yang mempunyai nilai lebih jika dilihat dari letak, sejarah dan prestasinya. UQU telah berkembang menjadi sebuah lembaga akademis yang mempunyai nama dan posisi yang tinggi, terutama dalam bidang ilmu-ilmu syariah, pendidikan (tarbiyah) dan studi Islam, di samping spesialisasi-spesialisasi ilmu-ilmu eksakta.
Pada masa pemerintahan Raja Fahd, UQU berhasil melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas yang cukup signifikan. Pada masa ini, didirikan berbagai fasilitas pendukung dan pembentukan fakultas-fakultas baru. Selain itu jumlah staf pengajar dan mahasiswanya pun meninggkat tajam. Saat ini, Universitas UM sedang dalam tahap penyelesaian proyek Kampus Baru Universitas serta melanjutkan pengembangan dan pembaharuan.
Program Pendidikan Yang Ditawarkan Bagi Mahasiswa Asing
Untuk mahasiswa asing, UQU menawarkan sebuah program belajar bahasa Arab yang berada dalam naungan Lembaga Pengajaran Bahasa Arab. Masa belajar di lembaga ini adalah dua tahun. Materi-materi yang dipelajari adalah:
1. Al-Qur`an, yang mencakup belajar membaca (tajwid), hapalan dan tafsir.
2. Hadits dan ilmu-ilmunya.
3. Bahasa Arab, yang mencakup percakapan (al-muhaadatsah), keterampilan bahasa (al-mahaaraat al-lughawiyyah), fonetik (ash-shautiyyaat), nahwu, sharaf dan balaghah.
4. Akidah (teologi).
5. Fikih.
Program ini mempunyai fasilitas belajar mengajar yang sangat memadai, seperti para dosen spesialis pengajaran bahasa Arab bagi non Arab, laboratorium bahasa, sarana belajar yang berkualitas, perpustakaan khusus untuk pengajaran bahasa Arab bagi non Arab.
Syarat-syarat pendafataran:
1. Fotokopi ijazah Aliyah dengan nilai tidak kurang dari “Sangat Baik” (jayyid jiddan).
2. Fotokopi transkrip nilai.
3. Surat rekomendasi dari organisasi islam atau tokoh masyarakat yang dikenal oleh pihak universitas.
4. Fotokopi paspor.
5. Empat buah pas photo ukuran 4×6.
6. Fotokopi akte kelahiran.
7. Fotokopi surat kesehatan.
8. Umur calon mahasiswa tidak lebih dari 25 tahun.
9. Surat rekomendasi belajar dari Pemerintah Republik Indonesia. Surat ini dapat diperoleh di Departemen Agama Kabupaten/Kodya, Propinsi atau Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh.
10. Terdapat muhrim bagi mahasiswi selama belajar di Mekkah.
11. Seluruh berkas-berkas pendaftaran diterjemahkan ke dalam bahasa Arab atau Inggris dan dilegalisir oleh Kedutaan Besar Kerajaan Saudi Arabia.
12. Berkas-berkas pendaftaran ini diajukan ke Kantor Kedutaan Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta.
Catatan: Bagi mahasiswa yang berhasil memperoleh nilai sangat memuaskan (mumtaz) selama pendidikannya di Lembaga Pengajaran Bahasa Arab ini, maka ia berhak untuk meneruskan belajar di program S1 pada salah satu fakultas di Universitas. Fakultas-fakultas yang dapat ia pilih untuk meneruskan program S1-nya tersebut adalah sebagai berikut:
1. Fakultas Bahasa dan Sastra Arab.
2. Fakultas Syariah.
3. Fakultas Dakwah dan Ushuludin.
Seorang mahasiswa dikatakan lulus jika ia telah berhasil menyelesaikan 120 sks selama empat semester (dua tahun).
Pemerintah Arab Saudi memberikan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai bagi para mahasiswa yang belajar di universitas-universitasnya, baik yang berkaitan dengan kegiatan kurikuler ataupun ekstra-kurikuler. Fasilitas ruang belajar full AC, dosen-dosen yang kompeten dan berpengalaman, perpustakaan yang lengkap, suasana kampus yang asri, diktat kuliah gratis (sebagian universitas memberikan bantuan dalam bentuk uang buku per tahun), sarana olah raga dan kesehatan, beasiswa per bulan yang berkisar antara SAR. 842-2500, tiket pesawat pulang-pergi setiap liburan musim panas dan lain sebagainya. Begitu asrama mahasiswa yang sangat nyaman dengan fasilitasnya yang lengkap dimulai dari tempat tidur dan seluruh perlengkapannya, lemari pakaian, meja belajar dan lain-lain.
Foto-foto Universitas Umm Al Qura disini
Download Formulir Pendaftaran terbaru disini
Persyaratan dikirim ke :
Deanship of Admissions and Registration
The Institute of Arabic Language
Umm al-Qura University, P.O. Box 3712
Makkah Mukarramah, Saudi Arabia



Info lebih lengkap :
http://uqu.edu.sa/

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply