Beasiswa Ma’had Ar-Raayah


Profil
Ma’had ‘Aly Ar-Raayah yang berdiri di atas lahan seluas 15 hektar di desa Sukamulya Kec. Cikembar kab. Sukabumi merupakan institusi pendidikan berstatus Mah’ad ‘Aly (Sekolah Tinggi) yang dirintis atas prakarsa beberapa insan pendidikan dari Timur Tengah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
Secara struktural, Ma’had ‘Aly Ar-Raayah berada di bawah naungan Yayasan Ar-Raayah yang didirikan pertama kali pada tahun 2003.
Kata raayah berarti panji atau bendera. Kata ini dipilih sebagai nama dengan harapan agar para dosen, mahasantri, lulusan, dan keluarga besar Ma’had ’Aly Ar Raayah dapat berperan aktif dalam menegakkan panji-panji Islam di bumi Indonesia.
Ma’had ’Aly Ar-Raayah pertama kali menerima mahasantri pada tahun ajaran 2006/2007. Dengan demikian, pada tahun ajaran 2008/2009 ini Ma’had ’Aly Ar-Raayah telah memiliki tiga angkatan dan bersiap untuk meluluskan angkatan pertamanya. Sejauh ini Ma’had ’Aly Ar-Raayah baru menerima mahasantri putra. Namun demikian, mulai tahun ajaran 2010/2011 insyaallah Ma’had ’Aly Ar-Raayah akan membuka pendaftaran bagi mahasantri putri. Kampus putri saat ini masih dalam proses penyelesaian.
Sebagai lembaga pendidikan berbasis pesantren, Ma’had ‘Aly Ar-Raayah memiliki berbagai keunggulan, di antaranya:
  • Integrasi sistem dan kurikulum pendidikan formal dengan pola pengkajian Islam ala klasik.
  • Lokasi kampus di kawasan pegunungan yang sejuk, asri, dan bebas polusi.
  • Fasilitas belajar-mengajar yang lengkap, ditunjang oleh media audio-visual dan perpustakaan dengan koleksi referensi yang memadai.
  • Fasilitas pesantren yang lain seperti masjid Jami’ yang besar dan megah, asrama dengan sarana yang lengkap, kantin mahasantri, lapangan olahraga, ruang aula serbaguna, poliklinik, dan sebagainya.
  • Tenaga pengajar yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya. Pengajar bahasa Arab dan ilmu-ilmu keislaman adalah alumni perguruan tinggi terkemuka di Timur Tengah dan LIPIA Jakarta.
  • Bebas biaya pendidikan, buku, asrama, dan makan.
  • Kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan mencakup pembinaan seluruh potensi mahasantri.
  • Para mahasantri merupakan perwakilan dari berbagai wilayah Indonesia.
  • Selain sebagai bahasa wajib dalam proses pembelajaran, bahasa Arab juga menjadi bahasa sehari-hari mahasiswa di dalam kampus.
  • Letak dan suasana lingkungan pesantren sangat kondusif untuk konsentrasi belajar, menghafal, dan mendalami ilmu pengetahuan.
  • Bila mendapatkan nilai mumtaz (rata-rata 9,0) mempunyai kesempatan yang sangat besar untukmelanjutkan pendidikan di Universitas Islam Madinah.*
Program Studi
Ma’had ‘Aly Ar-Raayah sementara ini membuka satu program studi yaitu Program Pengajaran Bahasa Arab dan Agama Islam (setara Diploma). Program studi ini ditempuh selama 3 tahun (6 semester).
Sistem Pendidikan
Proses Pendidikan dilaksanakan dengan sistem level (mustawa). Satu level ditempuh selama satu semester perkuliahan (21 pekan). Pada setiap level terdapat satu paket mata kuliah yang harus diikuti dan diselesaikan secara keseluruhan oleh setiap mahasantri.
Ketidakberhasilan mahasantri dalam menyelesaikan seluruh mata kuliah pada level tertentu mengakibatkan tidak berhaknya ia melanjutkan studi pada level yang lebih tinggi.
Dalam program studi tersebut akan disajikan sejumlah mata kuliah keislaman dan bahasa Arab, seperti Al-Qur’an (hafalan dan tajwid), Tafsir, Hadits, Aqidah (Tauhid), Fiqh, Sejarah Islam, Musthalah Hadits, Ushul Fiqh, Nahwu, Sharaf, Balaghah, Ta’bir wa Insya’, dan sebagainya. Selain itu para mahasantri akan dibekali dengan mata kuliah pengusaan dasar komputer dan pelajaran penunjang lainnya.
Bahasa Arab menjadi bahasa pengantar dalam proses pembelajaran dan pembinaan.

Info Pendaftaran

Persyaratan
Persyaratan Umum:
  • Usia tidak lebih dari 21 tahun.
  • Tamatan SMA sederajat dengan nilai rata-rata 7,0 ke atas.
Persyaratan Administrasi:
  • Foto kopi ijasah dan transkrip nilai yang terlegalisir 1 lembar.
  • Foto kopi nilai rapor kelas III terlegalisir 1 lembar.
  • Pas foto terbaru 3 x 4 = 4 lembar dan 2 x 3 = 2 lembar.
  • Foto kopi akte kelahiran 1 lembar.
  • Hasil medical check-up lengkap dari RSUD setempat.
  • Surat ijin orang tua atau wali.
  • Menandatangani blangko pernyataan siap belajar dan mentaati seluruh peraturan institusi yang berlaku.
Formulir Pendaftaran
Formulir pendaftaran dapat didownload DI SINI. Silahkan isi formulir dengan lengkap dan kirimkan ke alamat Ma’had ‘Aly Ar-Raayah. Adapun syarat-syarat pendapaftaran dapat diserahkan pada saat muqabalah (audisi) yang waktu dan tempatnya diinformasikan kemudian.
Mahasantri Ma’had ‘Aly Ar-Raayah tidak dipungut biaya apa pun. Semua biaya yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar dan kehidupan mahasantri ditanggung oleh Ma’had dari sumbangan para dermawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Info lebih lengkap :
http://arraayah.org/

Posting Lebih Baru Posting Lama

44 Responses to “Beasiswa Ma’had Ar-Raayah”

  1. assalamualaikum ana indra dari cibitung bekasi pendaftaran di ar-raayah untuk tahun ajaran 2011 kapan di buka y ????
    sukron

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.
    @Indra
    saudara indra bisa menghubungi langsung dengan ustadz Sirojul huda dg no. 085715722229 atau bisa kunjungi di www.arraayah.org (antara bulan Mei - Juli).

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum,,, ana fara dr Bandung,kalau pas umur 21 thn bisa g???????

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum.. ana yanti dr Bandung, belajarnya kan selama 3 thn, ada yang mengatakan selama 3 thn tidak boleh pulang????? benarkah?????

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh.

    @Fara : Insya Alloh umur pas 20 tahun bisa. Karena pengalaman penulis dulupun masuk pas umur umur 21 tahun.

    @Yanti : Betul 3 tahun, 2 tahun belajar efektif dan 1 tahun belajar praktek/pengabdian. Dan selama belajar efektif 2 tahun tidak diperkenankan untuk pulang/keluar jauh dari ma'had.

    Dan info bagi pembaca, bahwa alhamdulilah Ma'had Ali Ar Raayah telah membuka kembali pendaftaran untuk putra dan putri. Untuk info lebih lengkap silakan buka di posting kami terbaru tertanggal 30 Maret 2011. Atau bisa dibuka di arsip blog ini untuk bulan Maret 2011.

    Dijawab oleh : Herry Setiawan

    BalasHapus
  7. assalaamu'alaikum w. w. ana dah coba daftar online, tapi kok susah bangaet ketika login, userid/e-mail dan paswordy salah terus....sebenernya userid/e-maily dan pswordy disiapin dari ma'had lewat e-mail tau gimana? syukran....... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.

      Lebih baik hubungi langsung kontak mahad supaya lebih jelas.

      Hapus
  8. Wa'alaikumussalam...

    Untuk masalah teknik lebih baik saudara hubungi langsung ke no mahad pada jam kerja supaya lebih cepat dan jelas untuk ditangani.

    BalasHapus
  9. Asslmkm,,
    akh saya ingin belajar di ma'had Ar-royah,, tp usia sy sudah 23thn, karena sy skrg kuliah lulus tahun ini,, gmn masih bisa kah ???
    syukron atas jawabannya,,,

    BalasHapus
  10. asslmkm,,
    akh sy munawir dr bogor, sy mau belajar di Ma'had Ar-royah, tp usia sy skrg sudah 23 thn, karena skrg sedang kuliah lulus tahun ini,, gimana masih bisa kah ???/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.

      Wallohu a'lam. Karena sekarang sudah cukup ketat persaingannya. Tentunya lebih diutamakan yang memenuhi kualifikasi. Tapi bisa dicoba akh.

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum,,an Ay Khairunnisa,,mau tanya,,di Ar-Raayah itu ga bisa cuma belajar beberapa hari aja dalam seminggu yah,,?
    Misalnya 2 hari dalam seminggu,,??
    Syukron buat jawabannya,,akhi/ukhti,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam. Tidak bisa ukhti. Harus mengikuti full.

      Hapus
  12. assalaamu'alaykum
    ustadz, pendaftaran baru belum buka lagi atau gimana? syukron ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam. Insya Alloh bulan Januari 2013 sudah mulai dibuka.

      Hapus
  13. assalamualaikum.. test masuknya apa aja ?? syukran...

    BalasHapus
  14. assalamualaikum, ada tets apa aja masuk kesitu? harus hafal quran berapa juz atau apa? syukran.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.
      Pengetahuan umum dan agama, hafalan tidak ditentukan tapi paling tidak memiliki minimal 1 juz dan lancar membaca al-Quran.

      Hapus
  15. Assalamualaikum...
    saya habibah dari Riau
    saya berminat untuk mendaftar di Arraayah...
    kapan pendaftaran tahun ajaran 2013 di buka?
    dan kemana harus mendaftarnya?
    apakah saya harus hadir ke ma'had langsung?
    adakah nomer yang bisa saya hubungi?
    jazakumullah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panitia Penerimaan Calon Mahasantri Baru Putra :
      - Ust. Fahmi : 0813 8618 1271
      - Ust. M. Wijaya : 0852 2045 0060
      Pada Jam berikut ini : 10.00 - 12.00 Setiap Hari kecuali Hari Jum'at

      Hapus
  16. Asssalamu'alaikum..
    sementara ini website arraayah sedang dalam perbaikan, untuk infornasi lebih lnajutnya bisa ditananyakan langsung kpada Panitia dibawah ini :

    Panitia Penerimaan Calon Mahasantri Baru Putra :
    - Ust. Fahmi : 0813 8618 1271
    - Ust. M. Wijaya : 0852 2045 0060
    Pada Jam berikut ini : 10.00 - 12.00 Setiap Hari kecuali Hari Jum'at

    email : mahadalyarrayah@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukron ustadz atas bantuan informasinya.

      Hapus
  17. pendaftaran sudah dibuka sejak 1 desember 2012 berakhir 30 april 2012, untuk lbh jelas kunjungi link :http://daftar-ar-raayah.blogspot.com/search?updated-min=2012-01-01T00:00:00-08:00&updated-max=2013-01-01T00:00:00-08:00&max-results=5

    BalasHapus
  18. Info terbaru PMB Ar-Raayah kunjungi http://smpitalhidayah.blogspot.com/2012/12/info-beasiswa-mahad-arraayah-2013-2014.html

    BalasHapus
  19. ASSLAMUALAIKUM..ustadz afwan sya nur asiah jamil asli sukabumi, tp skrang tinggal di lombok NTB kuliah skrang akan menyusun skripsi, dlu thn 2009 sya ingn masuk ar-rayah putri tp blm dbuka akhrnyasya pergike lmbok, insyallah awal 2014 sya pulang, dan usia sya nnti 23 thn,, sya lhat dipersyaratan tdk lebih dr 21 thn, jd apakah msh ada ksmptan untk sya..ustdz.mngingT Bsar sekali keingnan sya untk m'had disana..kk sya juga alumni sya ustadz dan skrang kuliah dilipia.syukrn mhon penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.

      Afwa ukhti, sepertinya tidak bisa. Wallohu a'lam..

      Hapus
  20. ASSLAMUALAIKUM..ustadz afwan sya nur asiah jamil asli sukabumi, tp skrang tinggal di lombok NTB kuliah skrang akan menyusun skripsi, dlu thn 2009 sya ingn masuk ar-rayah putri tp blm dbuka akhrnyasya pergike lmbok, insyallah awal 2014 sya pulang, dan usia sya nnti 23 thn,, sya lhat dipersyaratan tdk lebih dr 21 thn, jd apakah msh ada ksmptan untk sya..ustdz.mngingT Bsar sekali keingnan sya untk m'had disana..kk sya juga alumni sya ustadz dan skrang kuliah dilipia.syukrn mhon penjelasannya.

    BalasHapus
  21. Assalamu'alaikum ana khusnul khotimah d balikpapan,ana tertarik utk masuk ar rayah,ana sudah tau persyaratannya,tapi ada yang ingin ana tanyakan,apakah selama di ar rayah boleh menggunakan handphone ?? syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.

      Afwan tidak diperbolehkan.

      Hapus
  22. assalamualaikum ustadz,,,,
    af1 mau tanya,,,kalo buat tes masuk 2013 akhwat mulai dri kpn????
    dri pljrn pa z???? syukron

    BalasHapus
  23. assalamualaikum ustadz af1 mau tanya buat tes masuk ar-royaah angkatan skrang di mulai dri kpan?????
    khusus buat akhwat,,,,,syukron

    BalasHapus
  24. assalamualaiku klo untuk 2013 udah buka blom

    BalasHapus
  25. assalamu'alaikum ustadz ana lukman dari lombok tpi sekrng tinggal di jogja sebagai tukang bersih masjid usia ana akhir des 22thn mash ada kesemptn buat ana nggak ya syukron

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum wr.wb.
    Ana yusron dr Semarang, mau tanya kan di wibsite arroyah bisa daftar di kota Semarang dan dimana alamatnya ..?
    dan di persyratannyakan harus mempunyai KTP sedangkan umur saya msih 16 thun kalau misalnya membawa surat keterangan KTP saja boleh gak kalau KTP.nya nyusul...
    Sukron kasiron..

    BalasHapus
  27. assalamu alaikum...
    Afwan... nanti lokasi untuk akhwat sama ikwannya pisah gak
    ??? terus hafalan nya itu juz 30 bisa gk??

    BalasHapus
  28. Assalamu alaikum....
    nama saya Syindi. Mau tanya kalau lokasi untuk akhwat sama ikhwan itu jauhan atau dekatan... terus juz yang harus di hafal kan minimal 1 juz, kalu juz 30 bisa gk? syuqron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam

      Lokasi agak jauh dibatasi tembok pemisah. Bisa juz 30.

      Hapus
  29. Assalamu'alykum ustad???

    kapan tes muqobalah dimulai saya sudah lama menunggu , saya sudah daftar tapi belum ada jawaban juga dari ma'had,, bales ya infonya saya berharap sudah pengen ma'had ustad..

    BalasHapus
  30. Assalamu'alykum ustad???

    kapan tes muqobalah dimulai saya sudah lama menunggu , saya sudah daftar tapi belum ada jawaban juga dari ma'had,, bales ya infonya saya berharap sudah pengen ma'had ustad..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.

      Ditunggu saja info dari panitia.

      Hapus
  31. assalamu'alaykum warahmatullah..
    'afwan ustad saya mau bertanya, saya dari Makassar dan ingin mendaftar di Ar-Raayah pda thun ini .. tetapi,karena ada kesalahpahaman sehingga saya trlambat mndaftar dan tidak sempat mengikuti tes Muqobalahnya, yang ingin saya tanyakan apakah tidak ada kesempatan lagi utk mndaftar pada tahun ini atau bagaimana ustad ?
    syukron sebelumnya ustad :)

    BalasHapus
  32. assalamu'alaykum warahmatullah..
    'afwan ustad sya mau bertanya, saya dari Makassar dan saya ingin mendaftar di Ar-Raayah pada tahun ini, akan tetapi karena ada kesalahpahaman sya terlambat mndaftar dan tidak mengikuti muqobalah, yang ingin saya tanyakan apakah tidak ada gelombang ke dua pada pendaftaran tahun ini ataukah kesempatan untuk mendaftar ??
    syukron :)

    BalasHapus
  33. assalaammu'alaikum,,
    ap saja beasiswa yang bisa d dapatkan,,???

    BalasHapus