Informasi Pendaftaran Santri Baru Pesantren Islam Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2011/2012

GAMBARAN UMUM
Pesantren Islam Al-Irsyad adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu umum dalam rangka mencetak generasi Islam yang kokoh dan berkualitas serta tanggap terhadap perubahan zaman. Kondisi perubahan zaman yang begitu cepat dan cenderung mengarah pada perkara yang negatif dari sisi akhlak dan aspek diniyyah (keagamaan) secara umum, membawa konsekuensi bagi umat Islam untuk dapat melahirkan generasi robbani yang mampu membimbing dan mengajak masyarakat untuk lebih mengenal Allah, Nabi-Nya, serta keindahan agama Islam yang lurus.
Dengan memohon taufik dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala , Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran berupaya mengemban tugas yang agung ini dengan menyelenggarakan program-program pendidikan sebagai wujud nyata dalam upaya memberikan sumbangan yang berharga untuk Islam dan kaum muslimin. Posisi Pesantren yang secara geografis terletak di lereng Gunung Merbabu yang berudara sejuk dan dingin, tentunya diharapkan juga dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang optimal.
 
VISI PESANTREN
Diakui sebagai salah satu pondok Pesantren Islam terbaik di wilayah Nusantara maupun Mancanegara yang bermanhaj Salaful Ummah (Ahlus Sunnah wal Jama'ah).
 
WADAH PENDIDIKAN (BIDANG STUDI)
Pesantren Islam Al-Irsyad memiliki beberapa wadah pendidikan yang secara integral (saling terkait dan berjalan bersama-sama) berupaya untuk menunjang terwujudnya Visi Pesantren.
Wadah pendidikan yang ada di Pesantren Islam Al-Irsyad adalah :
  1. SDITQ (Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur'an)/setingkat SD dengan lokasi tersendiri
  2. Program unggulan: Tahfidzul Qur'an, Bahasa Arab Dasar. Kurikulum : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Olah Raga, Tauhid Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, Tahfidz Al-Qur'an, Do'a dan Dzikir sehari-hari, Komputer. Lulusan jenjang ini memiliki ijazah Nasional (SD) dan Pesantren
  3. MTW (Mutawassithoh)/ MTs
  4. Program unggulan : Bahasa Arab. Kurikulum : Tauhid, Tafsir Al-Qur'an, Tahfidz & Tajwid, Al-Qur'an Hadits Nabi , Fiqih, Siroh Nabi, Tadrib Lughowi, Khot & Imla', Nahwu, Shorof, Ta'bir & Insya', Muthola'ah, Tadribat 'Alal Anmath, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Geografi, Fisika, Ekonomi, Olah raga, Sejarah Nasional, Komputer. Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional (MTs) dan Pesantren.
  5. IM (I'dad Muallimin)/ Madrasah Aliyah
  6. Program unggulan : Ilmu syari'at Islam Jenjang ini adalah program lanjutan dari MTW dan I'dad Lughowi Pesantren Islam Al-Irsyad. Kurikulum : Tauhid, Tafsir Al-Qur'an, Tahfidz Al-Qur'an, Hadits Nabi, Akhlak, Fiqih, Faro'id, Ushul Fiqih, Mustholahul Hadits, Ulumul Qur'an, Nahwu & Shorof, Balaghoh, Muthola'ah, Adab & Nushus, Ta'bir, Siroh Nabi, Tarikh Islam, Turuqut Tadris, Tatbiqu At-tadris, Fiqhu Ad dakwah, Praktek Dakwah, Olah raga, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah Dunia, Komputer. Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah Nasional (MA) dan Pesantren terakreditasi dari Universitas Islam Madinah Kerajaan Saudi Arabia.
  7. IL (I'dad Lughowi)
  8. Program unggulan : Bahasa Arab Intensif. Jenjang ini adalah program pendidikan selama satu tahun sebagai persiapan untuk jenjang IM. Kurikulum : Tauhid, Tafsir Al-Qur'an, Tahfidz dan Tajwid Al-Qur'an, Hadits Nabi, Fiqih, Tadrib Lughowi, Tadribat 'Alal Anmath, Khot & Imla', Ta'bir & Insya', Nahwu, Shorof, Siroh Nabi. Lulusan jenjang ini memiliki ijazah Pesantren.
KEGIATAN HARIAN
  • 04.00 - 05.45
  • - Sholat Shubuh berjama’ah. - Qiro’atul Qur’an / muroja’ah di Masjid. - Bimbingan percakapan Bahasa Arab dan Inggris setiap hari jum’at pagi.
  • 05.45 - 07.00
  • - Sarapan dan persiapan masuk kelas.
  • 07.00 - 15.30
  • - Belajar Intrakurikuler (8 jam pelajaran; 6 hari/minggu), sholat Dzhuhur berjama’ah di Masjid. - Makan siang dan Istirahat. - Sholat Ashar berjama’ah di Masjid.
  • 15.30 - 20.00
  • - Belajar Ekstrakurikuler (2 jam pelajaran ; 6 hari/minggu), (beladiri wushu, olah raga, komputer, tadabbur alam, pengetahuan umum, keorganisasian), sholat Maghrib dan Isya’ berjama’ah di Masjid, Muhadhoroh / Muroja’ah Al-Qur’an, Makan malam, Bimbingan dan pengarahan oleh Jam’iyah Tholabah (OSIS).
  • 20.00 - 22.00
  • - Belajar kokurikuler.
  • 22.00 - 04.00
  • - Istirahat dan tidur malam.
* Jadwal harian untuk SDITQ disesuaikan dengan Program Tahfidzul Qur'an.
* Hari Jum'at kegiatan pembelajaran libur, diisi kegiatan Jam'iyyah Tholabah (OSIS), dan lain-lain.
 
STAF DAN TENAGA PENGAJAR
Saat ini staf dan tenaga pengajar Pesantren Islam Al-Irsyad terdiri dari 2 orang mufad Saudi (tenaga pengajar dari Kerajaan Saudi Arabia untuk membantu kegiatan belajar mengajar); alumni Timur Tengah dari Madinah, Mesir, Sudan; alumni LIPIA Jakarta; alumni ma'had tahfidz; alumni Pesantren Islam Al-Irsyad; Alumni PT dalam negeri seperti UNDIP, UGM, IKIP, UNNES, UMS dan lain-lain.
 
KELANJUTAN STUDI
Setelah mendapatkan Akreditasi dari Lajnah Al Muadalah Imadah Syu'un Qobul wa Tasjil Universitas Islam Madinah No. 1/238 tanggal 25 Jumadil Awal 1415H / 1995M, lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad mempunyai peluang besar untuk melanjutkan studi disana. Semenjak berdiri hingga sekarang lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad banyak diterima di Universitas Madinah, Mesir, Sudan, LIPIA serta berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Lulusan Pesantren Islam Al-Irsyad juga dapat langsung berperan untuk berdakwah di tengah-tengah masyarakat dengan bekal ilmu yang telah diperoleh.
 
FASILITAS PESANTREN
Untuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, Pesantren Islam Al-Irsyad menyediakan beberapa fasilitas di antaranya : kampus terpadu dua lantai, asrama representatif tiga lantai, laboratorium komputer, perpustakaan, laundry, lapangan olah raga (sepak bola, futsal, basket, bulu tangkis, volly, dll), pelayanan kesehatan, koperasi dan kantin, sumber air artesis, komunikasi orang tua atau wali santri via musyrif kamar langsung, mini market, wartel dan lain - lain.
 
CATATAN PRESTASI
  1. Sejak tahun 1992-2010 sebanyak 80 alumnus lebih telah diterima di Universitas Islam Madinah KSA.
  2. Juara 1 lomba Hifdzul (hafalan) Hadits kategori 500 hadits tingkat Nasional dan juara 1 di tingkat ASEAN tahun 2010.
  3. Juara 1 lomba Hifdzul (hafalan) Hadits kategori 500 hadits tingkat Nasional dan juara 2 di tingkat ASEAN tahun 2009.
  4. Juara 1 30 juz Tafsir Bahasa Arab (MHQ) tingkat Propinsi 2009.
  5. Juara 1 30 juz Tafsir Bahasa Arab (MTQ) tingkat Propinsi 2009.
  6. Juara 1 lomba Hifdzul (hafalan) Qur'an kategori 15 juz tingkat Nasional dan juara tingkat 3 di tingkat ASEAN tahun 2008.
  7. Juara 2 lomba Hifdzul (hafalan) Hadits kategori 500 hadits tingkat Nasional dan juara 2 di tingkat ASEAN tahun 2008.
  8. Juara 1 lomba Qiroatul Kutub tingkat Nasional tahun 2008.
  9. Juara 1 lomba Hifdzul Qur'an kategori 10 juz tingkat Nasional tahun 2007.
  10. Juara 1 lomba Hifdzul Hadits kategori 500 hadits tingkat Nasional tahun 2007.
  11. Juara 1 lomba Cerdas Cermat Tingkat Kabupaten Semarang untuk Mapel Agama Jenjang Ibtida'iyyah tahun 2007.
Info lengkap prestasi pesantren Islam Al-Irsyad untuk tiap jenjang SD - MTs - MA, dapat dilihat pada www.pesantrenalirsyad.org/profil/prestasi
 
INFORMASI PENDAFTARAN SANTRI BARU 2011
WAKTU & TEMPAT PENDAFTARAN


WAKTU Gelombang 1 Gelombang 2 Gelombang 3
Pendaftaran 19 Peb – 20 Maret 2011 2 April – 1 Mei 2011 7 – 22 Mei 2011
Pengumuman 24 Maret 4 Mei 26 Mei
Daftar ulang 24 Maret – 31 Maret 4 – 7 Mei 26 – 31 Mei
Catatan Penting :
  • Pendaftaran dan Tes seleksi langsung di Pesantren HANYA dilaksanakan pada hari Sabtu dan Ahad pada pukul 08.00 - 15.00 WIB.
  • Santri yang diterima akan diumumkan via website www.pesantrenalirsyad.org dan bisa dikonfirmasikan via Informasi Pendaftaran.
  • Calon santri dinyatakan diterima jika lulus seleksi dan melunasi biaya daftar ulang sebelum pengumuman kelulusan gelombang berikutnya.
  • Jumlah kuota penerimaan santri baru terbatas, bila telah terpenuhi maka gelombang berikutnya ditiadakan.
  • Santri yang diterima harus tiba di pesantren pada hari Sabtu, 2 Juli 2011 dengan diantar orang tua/wali.
  • Serah terima santri baru akan dilaksanakan pada hari Ahad, 3 Juli 2011 pukul 08.00 WIB dengan didampingi orang tua/wali.
MATERI TES
  1. Membaca Al-Qur'an
  2. Wawancara santri dan orang tua/wali
  3. Psikotes dan tes kesehatan setelah dinyatakan diterima
SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
  1. Biaya pendaftaran Rp. 250.000,-
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran (dapat didownload DISINI)
  3. Harus diantar orang tua / wali masing-masing
  4. Foto copy Raport 5 semester terakhir
  5. Menyerahkan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  6. Pas foto hitam putih 4 x 6 = 1 lembar
  7. Foto copy Akte Kelahiran
  8. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  9. Surat keterangan sehat dari dokter
  10. Tidak mengidap penyakit berat (hepatitis, jantung, paru-paru, asma, dll)
Khusus Pendaftar dari Luar Pulau Jawa, Madura dan Bali yang tidak datang langsung ke Pesantren Islam Al-Iryad (PIA).
  1. Membayar biaya pendaftaran Via Bank BCA Pesantren, konfirmasi pembayaran via sms (0298) 7174324 atau fax (0298) 312456 disertai nama lengkap calon santri.
  2. Mengirim data persyaratan point 4 - 9 beserta formulir pendaftaran yang telah diisi. (Formulir dapat didownload DISINI)
  3. Tes dilaksanakan via telepon (waktunya akan diberitahukan panitia jika biaya pendaftaran sudah diterima dan berkas prasyarat pendaftaran telah diterima panitia).
  4. Pengumuman kelulusan diberitakan per-Gelombang (apabila syarat-syarat pendaftaran sudah diterima panitia).
  5. Apabila dinyatakan diterima maka santri tersebut datang ke PIA harus bersama Walinya atau yang mewakili untuk melengkapi pengisian formulir pernyataan wali.
  6. Jika calon santri terbukti melakukan rekayasa dalam pelaksanaan tes via telepon maka panitia akan meninjau kembali hasil tes tersebut.
PENTING !!!
Mohon calon santri membawa/mengirim berkas-berkas syarat pendaftaran dengan lengkap, karena Tes baru dilaksanakan setelah berkas-berkas syarat pendaftaran terpenuhi.
 
BIAYA DAFTAR ULANG
Jenis Biaya
SDITQ
MTW
IL
Pengembangan dan Peralatan *
 Rp 4,000,000
 Rp 4,000,000
 Rp 4,000,000
Buku pelajaran & tulis
 Rp    250,000
 Rp    350,000
 Rp    350,000
Seragam
 Rp    300,000
 Rp    350,000
 Rp    350,000
Pembinaan ekstra dan intrakurikuler semester 1

 Rp    300,000
 Rp    300,000
SPP bulan Juli 2011
 Rp    550,000
 Rp    550,000
 Rp    550,000
Jumlah
 Rp 5,100,000
 Rp 5,550,000
 Rp 5,550,000
* Bagi yang ingin membayar lebih sebagai Shodaqoh dipersilahkan
  • Konfirmasi Pembayaran daftar ulang via SMS : (0298) 7174324, Fax : (0298) 312456 disertai nama santri yang diterima atau no. pendaftaran
  • No Rekening Pesantren : BCA cabang Salatiga 01 33 38 21 24
  • Biaya daftar ulang tidak dapat diangsur
RUTE MENUJU PESANTREN ISLAM AL-IRSYAD
 
JALUR BIS
Dari arah Barat : Menggunakan bis langsung jurusan Solo, turun di Gerbang masuk Pesantren
Dari arah Timur: Menggunakan bis turun di Terminal Tirtonadi Solo. Dilanjutkan bis jurusan Semarang, turun di Gerbang masuk Pesantren

JALUR KERETA
Turun di Stasiun Tawang Semarang, naik taxi/bis turun Terminal Terboyo. Dilanjutkan bis jurusan Solo, turun di Gerbang masuk Pesantren
Turun di Stasiun Solo Balapan, naik taxi/becak turun di Terminal Tirtonadi Solo. Dilanjutkan bis jurusan Semarang, turun di Gerbang masuk Pesantren

JALUR PESAWAT
Turun di Bandara Ahmad Yani Semarang, naik taxi menuju Terminal Terboyo Semarang. Dilanjutkan bis jurusan Solo, turun di Gerbang masuk Pesantren
Turun di Bandara Adi Sumarmo Solo, naik taxi menuju Terminal Tirtonadi Solo. Dilanjutkan bis jurusan Semarang, turun di Gerbang masuk Pesantren
 
DENAH LOKASI
Untuk melihat denah lokasi Pesantren Islam Al-Irsyad, silahkan menuju ke sini.
 
NOMOR INFORMASI PENDAFTARAN
Untuk mendapatkan informasi seputar pendaftaran santri baru Pesantren Islam Al-Irsyad, silahkan antum menghubungi nomor-nomor berikut ini :
- 0857 8111 1516 (IM3)
- 0878 8111 1516 (XL)
- 0812 8111 1516 (SIMPATI)
 
ONE DAY SERVICE
Pendaftaran dan Tes dilakukan langsung ketika Calon Santri datang, yaitu HANYA pada hari Sabtu dan Ahad.

PESANTREN ISLAM AL-IRSYAD
Jl. Raya Solo - Semarang Km. 45 Ds. Butuh, Kec. Tengaran, Kab. Semarang
Telp. (0298) 321658 Fax. (0298) 312456 PO. Box 134 Salatiga 50700 Jateng Indonesia
web : http://www.pesantrenalirsyad.org
email : info@pesantrenalirsyad.org
Download Formulir Pendaftaran Santri Baru 2011/2011
Bagi pendaftar yang berada di luar pulau Jawa, Madura dan Bali silahkan mendownload Formulir Pendaftaran Santri Baru Pesantren Islam Al-Irsyad dibawah ini.


Setelah mendownload Formulir Pendaftaran Santri Baru Pesantren Islam Al-Irsyad, silahkan diprint/dicetak lalu isilah formulir tersebut. Harap segera kirimkan Formulir Pendaftaran yang telah diisi beserta berkas-berkas persyaratannya dalam amplop tertutup berwarna coklat yang ditujukan kepada :

Panitia PSB 2011 Pesantren Islam Al-Irsyad
Jl. Raya Solo - Semarang Km. 45, Ds. Butuh, Kec. Tengaran, Kab. Semarang
PO BOX 134 Salatiga 50700 Indonesia

Jangan lupa untuk memberikan konfirmasi kepada panitia atas biaya pendaftaran yang telah antum bayarkan melalui SMS ke nomor (0298) 7174324 atau mengirimkan fax bukti pembayaran ke nomor (0298) 312456 disertai nama lengkap calon santri.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply